Apakah Anda Orang yang Sangat Sensitif? 8 Strategi untuk Membantu

Apakah Anda Orang yang Sangat Sensitif? 8 Strategi untuk Membantu

Info Berita Terupdate - Saya menghadiri fungsi keluarga baru-baru ini, dan ketika  saya memsuki pertemuan itu, saya dibanjiri dengan informasi sensoris.

Inilah yang saya proses pada menit pertama: Ada puluhan orang, yang saya hampir tidak tahu, makan siang dan berbicara; anjing-anjing berlarian, termasuk saya sendiri yang agak menyukai makanan orang lain; anggota keluarga mendekati saya untuk memberi saya pelukan; anak-anak membuat suara keras mereka yang khas; meminta seorang rekan pesta di mana minuman-minuman itu dan menyuruhnya melintasi ruangan untuk mendapatkan tidak hanya minuman saya, tetapi juga minuman untuk empat orang lain; merasa malu karena saya tidak ingin dia pergi keluar dari jalan seperti itu; dan duduk untuk makan sebagai paman dan ibuku keduanya secara bersamaan mencoba untuk memulai percakapan dengan saya. Saya berusaha mendengarkan dan tersenyum sopan, tetapi saya ingin menghilang begitu saja. Merdeka Hari Ini

Apakah ini terdengar akrab? Jika demikian, Anda mungkin orang yang sangat sensitif (HSP). [1] Sebagian besar pemahaman kita tentang sifat ini berasal dari psikolog klinis Dr. Elaine Aron, dan Anda dapat mengambil tes mandiri HSP di situs webnya. Menurut Dr. Aron, sekitar 15 hingga 20 persen populasi sangat sensitif; sebenarnya, itu mungkin adalah sifat yang Anda warisi.

Baca juga:  Waspada! 6 Tanda Pengelanan Dini Gejala Kanker Yang harus Diketahui

HSP mengambil informasi sensorik dengan cara yang sangat mudah dan berevolusi. Kebisingan, bau, dan detail visual yang non-HSP kemungkinan akan diabaikan dengan mudah diperhatikan dan diproses oleh HSP. Berita Terkini

Sementara saya mengklasifikasikan diri sebagai HSP moderat, ada pemicu tertentu yang saya kenali yang memperkuat sensitivitas saya, dan kurang tidur adalah salah satunya. Setelah begadang untuk bermain kartu malam sebelum faktor dalam reaksi saya di pesta pada hari berikutnya.

Berikut delapan strategi bertahan hidup untuk HSP:
  • 1. Dapatkan tidur yang cukup. Tubuh Anda membutuhkan waktu pemulihan yang cukup dari rangsangan. Tujuh hingga delapan jam sangat penting.
  • 2. Keluarlah. Jika Anda akan menghabiskan waktu dengan sekelompok orang yang memiliki banyak kegiatan yang direncanakan, terutama dalam waktu singkat, memiliki strategi keluar di tempat jika Anda terlalu bersemangat.
  • 3. Jadwalkan waktu henti harian. HSP membutuhkan waktu untuk bersantai dan berpikir sepanjang hari.
  • Batasi atau hindari kafein. Untuk non-HSP, kafein mungkin memberikan sedikit dorongan, tetapi untuk HSP, kafein adalah bahan bakar roket yang benar-benar dapat menyebabkan overarousal dan menghambat kinerja.
  • Ubah nama situasi. Temukan cara alternatif untuk melihat acara.
  • Pergi ke luar. Banyak HSP menemukan alam yang sangat menenangkan. Saya suka menghabiskan waktu dengan danau dan tubuh air.
  • Sering-seringlah beristirahat. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk memproses, dan kemudian pulih dari, rangsangan.
  • Tetapkan batas. Sebagai HSP, mudah untuk terjebak menangani kekacauan orang lain dan terlibat dalam situasi yang sebenarnya bukan masalah Anda. Menetapkan batasan akan membantu mengekang kecenderungan alami Anda untuk melakukan hal ini.
Belajar tentang penelitian Dr. Aron memberi saya rasa lega luar biasa karena saya tidak tahu apa yang "salah" dengan saya. Itu menjelaskan mengapa saya bisa menangkap isyarat-isyarat sosial bahwa orang tua, suami, dan teman-teman saya benar-benar luput, dan mengapa saya memiliki reaksi ekstrem terhadap film-film kekerasan (Saving Private Ryan hampir membuat saya lari dari teater). Merdeka Health

Menjadi HSP membutuhkan waktu untuk terbiasa dan saya masih mengalami hari-hari yang buruk, tetapi saya berterima kasih atas pengertian yang saya miliki sekarang dan menghargai bagian bagus dari sifat ini.

Apakah Anda Orang yang Sangat Sensitif? 8 Strategi untuk Membantu

Apakah Anda Orang yang Sangat Sensitif? 8 Strategi untuk Membantu Apakah Anda Orang yang Sangat Sensitif? 8 Strategi untuk Membantu Reviewed by cherry on April 18, 2018 Rating: 5